25 Juni 2008

Lulus ujian “yummy first meal”



Fuihhhh…lega akhirnya…

Sudah 3 hari ini Bintangku bisa makan dengan selera yang bagus. Tadinya kupikir ada yang salah apa dengan anakku, sudah 7 bulan umurnya, tapi kok sering mual dan muntah bila makan dan minum, apa kusalah memberi jenis bubur susunya, atau mungkin belum siap reflek menelannya atau apa, padahal sampai kuberikan obat nafsu makan…walah!!…aku sangat kuatir. Akhirnya, sabtu lalu kuputuskan membawanya ke dokter anak. Dsa bilang, beratnya ideal, tapi pola pemberian makan untuk usianya kini belum sesuai. Ternyata, aku memberinya susu terlalu banyak, 2 jam sekali minumm susu, 5 kali sehari 120 ml….makanya cepat kenyang. Lalu ku diberi jadwal yang lalu kusesuaikan dengan Bintang:

Pukul 06.00 pagi minum susu formula 120 cc

Pukul 08.00 bubur susu

Pukul 11.00 pagi minum susu formula 120 cc

Pukul 14.00 siang bubur susu

Pukul 16.00 siang minum susu formula 150 cc

Pukul 18.00 makan malam dengan bubur tim saring

Pukul 19.00 minum susu formula 100 cc (kalo sempet karena belum tidur)

Alhamdullilah, sampai sekarang selera makannya bagus. Yang semula hanya koleksi bubur instant untuk alergi, sekarang koleksi resep buat bayi juga..hehehe.Aku sudah bisa buat sendiri menu makanan bubur susu dan bubur timnya.

Sebelumnya saat menakutkan buatku adalah saat-saat waktu makan..aku harus dihadapkan berbagai hal, baru 4 suap sudah muntah, mengunci mulut rapat, harus sabar bila tau-tau makanan dimulut disembur keluar, ekspresi wajah si kecil yang ogah banget sama makanannya…walhasil sering marah-marah seharian, dipenuhi rasa bersalah dan kesal dengan si kecil.

1 komentar:

Demona Pastime mengatakan...

Oallahh...ternyata gitu toh masalahnya, overfeeding hi hi hi.... mama rinda ini pasti denangi sama Mika soalnya dia demen banget makan.

Emang iya Rin, pernah pas ndak punya pengasuh Mika turun drstis nafsu makannya, setelah ngobrol ma teman2 dikantor, dikasi masukan soal porsi susu yang kebanyakan itu, emang benar begitu gw kurangin susunya, selera makan balik lagi.

Susu memang bagus karena all-in, tapi si anak juga musti mulai mendapat gizi dari macam2 makanan, selain memperkaya variasi yang dia kenal juga bar ntar gede ndak susah makannya.

Bahkan setelah 1 taon, susu buat mika selalu gw encerin. Dan hanya dikasi pas jam2 krusial,macam mo tidur aja.

Sisanya dia makan menu yang sama dengan kita. Biar masaknya sekalian hi hi hi...

Manfaat ke kita, gw lebih memperhatikan nilai gizi makanan yang gw masak buat sekeluarga, mesti ada sayur, ndak boleh pedas yah gitu2 deh.

Lagian Mika lebih semangat lagi makannya kalo dia makan menu yang sama. Bareng2 duduk di meja makannya.