25 Juni 2008

Try to be Perfect Mother


Semua ibu pastinya ingin dinilai sempurna. Makanya harus tau banyak hal mengenai bayi, anak, membuat makanannya, mengurus anak..semua-muanya deh…..Seperti juga aku. Baru jadi Ibu 8 bulan belakangan…keluh kesahnya..duh panjang banget…bukan karena tidak menikmati peran ini, tapi mengenai proses suka dukanya memang seperti ilmu baru buatku. Dan hikmah yang kudapatkan, adalah:

  1. Mengurus “sendiri” segala sesuatu sejak lahir, seperti mengganti popok, mencuci popok, memandikan, membuat dan memberinya makan dan minum, menjadikanku lebih pandai dan disiplin.
  2. Kita tidak bisa membandingkan kemampuan dan perkembangan bayi kita dengan bayi-bayi lain baik yang dijaman dulu atau dijaman sekarang, karena bayi kita punya masalah personal yang berbeda.
  3. Banyak informasi datang baik dari orangtua, teman, tetangga, buku, dan juga internet, sebaiknya dijadikan wacana saja, bukan patokan, karena jika tidak bisa disesuaikan dengan kondisi bayi kita sendiri…hmm, bisa putus asa…hehehe..
  4. “Trust you baby”, percaya padanya dan dia akan memberimu insting keibuan yang hebat dari apapun sehingga kita bisa tau apa yang dia rasakan dan sebagai ibu harus berbuat apa, meski dia tidak bisa bicara kata.

Tidak ada komentar: