23 Oktober 2008

Cara Terbaik untuk Berkomunikasi dengan Hewan


Kebanyakan orang menyukai binatang. Mereka suka memelihara burung, anjing, kucing dan lainnya. Tetapi tidak semua orang bisa merawat binatang peliharaan mereka. Jika orang tidak mau memelihara binatang, itu bukan karena mereka tidak mempunyai rasa kasih sayang; tetapi itu mungkin karena mereka tidak mempunyai cukup waktu atau pengalaman, atau mungkin lingkungan mereka tidak mengizinkan, misalkan rumah mereka terlalu kecil. Jadi kita masih perlu mempertimbangkan apakah kita cocok memelihara binatang. Kita tidak perlu memiliki binatang untuk menunjukkan bahwa kita mempunyai rasa kasih sayang. Jika kita tidak bisa merumahkan binatang, kita dapat terus mendukung kelompok pelindung binatang, atau menyebarkan pesan untuk menyayangi binatang. Ini juga sangat membantu.

Jika kita mempunyai kesempatan untuk mengadopsi binatang, katakan saja seekor burung, sebagai contoh, maka kita harus siap secara mental. Kita harus mencari tahu jenis burung yang lebih cocok dengan kita. Kita harus mempelajari buku dan menentukan burung jenis apa yang kita suka, syarat-syarat yang dibutuhkan untuk mengadopsi burung tersebut, dan apa yang harus kita lakukan. Kita harus memeriksa dan melihat apakah kita bisa melakukan semua itu. Tidaklah cukup hanya dengan membawa binatang pulang ke rumah dan menyuapi mereka. Setiap hari, kita harus merawat dan berkomunikasi dengan mereka seperti cara kita memperlakukan teman dan sanak keluarga kita. Inilah yang harus kita lakukan. Jika kita mampu melakukannya, maka barulah binatang peliharaan kita bisa hidup bahagia, karena mereka juga mempunyai perasaan yang mendalam. Mereka sangat setia dan sensitif, dan mereka memperlakukan orang yang merawatnya seperti keluarganya sendiri.

Di samping itu, kita harus menyikat dan membersihkan sangkarnya setiap hari dan membawa mereka keluar untuk bermain. Jika kita tidak bisa melakukan itu setiap hari, maka setidaknya melakukannya setiap dua hari. Bagaimanapun juga, Anda harus berkomunikasi dengan mereka dan berbicara dengan mereka setiap hari. Tidak masalah jika Anda tidak bisa berkomunikasi dengan mereka dari dalam; berbicara saja dengan mereka dalam bahasa apapun, mereka bisa mengerti dengan sempurna. Cobalah! Andaikan Anda mempunyai seekor burung. Tidak masalah jika Anda tidak bisa berkomunikasi dengan mereka setiap hari. Perlakukan saja mereka dengan cinta dan mereka akan merasakannya. Semakin besar cinta kalian, semakin kalian bisa berkomunikasi dengan burung tersebut, dan secara alami kalian akan bisa saling mengerti satu sama lain dari hati ke hati dengan sangat baik, sejelas komunikasi manusia. Hal yang sama berlaku pada semua binatang. Jika kita ingin berkomunikasi dengan mereka, kadang bahasa mereka berbeda dari kita, jadi kita sungguh membutuhkan rasa kasih sayang untuk mengerti mereka.

Jadi, jangan kuatirkan apakah binatang peliharaan Anda bisa mengerti Anda atau tidak; tetapi cukup kuatirkan apakah Anda bisa mengerti mereka atau tidak. Tetapi pelahan-lahan Anda akan mengerti mereka. Sebenarnya, kita tidak harus memakai bahasa untuk mengerti satu sama lain. Kita semua mempunyai kemampuan telepati dari dalam. Setelah tinggal lama dengan binatang, kemampuan telepati ini berkembang secara bertahap. Ketika Anda dengan tulus ingin mengerti binatang, maka kualitas spiritual yang tertidur ini akan bangkit secara alami. Saya tidak pernah mempelajari teknik apapun untuk berkomunikasi dengan burung-burung saya; ia muncul sendiri dengan spontan. Ketika Anda memiliki cinta, ia akan melampaui semua bahasa, dan Anda akan mengerti satu sama lain lebih dan lebih.

Jika Anda memelihara binatang, cobalah untuk mencari waktu dan duduk bersama mereka di suatu malam yang sepi, cobalah untuk tidak memikirkan hal-hal yang lain, dan bertanyalah kepadanya dari dalam hati: “Bolehkah kita mencoba untuk saling berkomunikasi?” Setelah itu Anda kemudian akan terkejut dan menemukan bahwa ia dapat berkomunikasi dengan Anda, bukan melalui bahasa, tetapi melalui telepati, dengan sangat jelas. Jika Anda benar-benar tidak bisa melakukan itu, seandainya Anda sangat sibuk dan tidak bisa diam, dan Anda tidak bisa membangkitkan kemampuan telepati secara alami, itu juga tidak masalah. Kita tidak memerlukan banyak kata-kata. Rawat saja mereka seperti Anda merawat diri sendiri, dan kemudian Anda akan merasakan dari dalam bahwa Anda mengerti satu sama lain.

Sebenarnya burung dan anjing tidak menuntut banyak; Anda tidak perlu berbicara dengan mereka setiap hari. Saya juga tidak berkomunikasi banyak dengan burung-burung peliharaan saya setiap hari; kami hanya memperlakukan satu sama lain dengan kasih sayang dan itu sudah cukup.

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai dalam sebuah konferensi video dengan pembaca pada acara penerbitan Buku Terbaru-Nya “Burung-Burung dalam Hidupku” – Formosa, 24 Agustus 2007 (Asal dalam bahasa China)

Tidak ada komentar: